TAS FM
News

Upgrade Penguasaan Teknologi Digital Para Guru, Pemkot Kediri Gelar Pelatihan Pengembangan Konten Digital

Upgrade Penguasaan Teknologi Digital Para Guru, Pemkot Kediri Gelar Pelatihan Pengembangan Konten Digital

Upgrade Penguasaan Teknologi Digital Para Guru, Pemkot Kediri Gelar Pelatihan Pengembangan Konten Digital

Tasfm.com – Peningkatan mutu pendidikan dan tenaga pendidik terus digenjot Pemerintah Kota Kediri melalui berbagai kegiatan pelatihan. Seperti hari ini, Kamis (20/6) Dinas Pendidikan Kota Kediri menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengembangan konten digital untuk pendidikan Tahun 2024. Mengusung tema ‘menggunakan konten digital untuk pendidikan, pembelajaran lebih menyenangkan’, pelatihan ini mendatangkan dua narasumber yang kompeten yakni Duta Teknologi Kemendikbudristek Nurviana Fatmawati dan Dosen Geografi Universitas Negeri Malang Muhammad Tri Herwanto.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan mengatakan pelatihan diikuti guru penggerak dari jenjang TK, SD dan SMP. Pelatihan difokuskan pada pemanfaatan teknologi digital untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang inovatif. “Sekarang ini kita tidak bisa lepas dari teknologi informasi maka dengan perkembangan zaman ini kita sebagai tenaga pendidik harus mau belajar agar bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk media pembelajaran,” terangnya.

Apalagi Kemendikbudristek meluncurkan sebuah aplikasi bernama belajar.id yang bisa dimanfaatkan tenaga pendidik untuk mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar baik secara tatap muka ataupun jarak jauh. Pemilik akun belajar.id dapat menggunakan beragam fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education. “Fasilitas yang sudah diberikan oleh pemerintah ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik, oleh karena itu kita datangkan narasumber untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam memanfaatkan fitur-fitur yang ada di belajar.id untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di tengah arus digitalisasi yang semakin berkembang,” tambahnya.

Dengan pelatihan ini, Anang berharap semua insan pendidikan mampu memanfaatkan teknologi digital dengan baik dan bijak sehingga dapat memberi dampak positif bagi dunia pendidikan di Kota Kediri.
“Harapannya semua pendidik bisa nyaman dan mampu memanfaatkan aplikasi, konten digital serta media sosial untuk media pembelajaran. Selain itu, dengan terus mengupgrade ilmunya dalam mengikuti perkembangan zaman para guru juga bisa belajar menjadi konten kreator pendidikan,” harapnya.

Dalam sesi pelatihan, Muhammad Tri Herwanto mengawali pemaparan dengan materi tentang pemanfaatan konten digital untuk pembelajaran. Ia menguraikan 3 komponen penyusunan konten digital yang terdiri dari skill atau pengetahuan, pengalaman atau keahlian serta konten. Selanjutnya materi dari Nurviana Fatmawati yang menceritakan pengalaman serta membagikan tips dan triknya menjadi konten kreator pendidikan.

Salah satu peserta pelatihan Ari Nurini Guru SDN Campurejo 2 menyampaikan dirinya sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan pelatihan. Menurutnya pelatihan seperti ini sangat ditunggu oleh tenaga pendidik untuk meningkatkan kompetensi serta memacu kreativitasnya menciptakan metode pembelajaran baru yang nantinya bisa diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. “Sebagai guru kita harus bisa mengaplikasikan digitalisasi dalam dunia pendidikan dengan memanfaatkan peralatan yang ada di sekolahan untuk membuat konten-konten atau media pembelajaran yang baru agar siswa antusias dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran di kelas sehingga pada tahun ajaran baru ini siswa tambah semangat belajar,” ujarnya.

Artikel Terkait

Mayjen TNI Rafael Terima Penghargaan Prapanca Award dari PWI Jatim

Bukan Hanya Didapatkan Bagi Mereka Yang Menghirup Udara Bebas, Lapas Kediri Manasik Haji

NasDem Kota Kediri Apresiasi Polri Gercep Tangkap Pengancam Anies