TAS FM
News

MasBup Targetkan Awal Bulan Juli 2024 Jembatan Jong-Biru Sudah Bisa Diresmikan

MasBup Targetkan Awal Bulan Juli 2024 Jembatan Jong-Biru Sudah Bisa Diresmikan
MasBup Targetkan Awal Bulan Juli 2024 Jembatan Jong-Biru Sudah Bisa Diresmikan

Tasfm.com- Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meninjau Progres Pembangunan Jembatan Jong Biru Kediri, Jawa timur, Kamis (20/6)

Jembatan Jong Biru yang mempunyai panjang 133 meter dengan lebar 7 meter, di tambah bahu jalan kanan dan sisi kiri menjadi 9 meter, ditargetkan selesai pada tanggal 28 Juni 2024.

“Insya Allah 28 Juni pengerjaan sudah selesai,sehingga di awal Juli akan kita resmikan untuk mulai dibuka,jembatan Jong biru yang menghubungkan Kabupaten Kediri dengan Kota Kediri sudah bisa digunakan di awal bulan Juli,” kata Mas Dhito

Ditambahkan oleh Mas Dhito “ Ini bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten, untuk menyiapkan sarana adanya bandara, dan nanti ada beberapa hal yang harus saya komunikasikan dengan Pj Walikota terkait beberapa hal, Karena wilayah jembatan ini begitu sudah melewati jembatan sudah masuk wilayahnya kota,” terangnya

Jembatan yang Menghabiskan biaya 30 miliar lebih, mengalami sedikit kendala,awalnya pada titik tengah untuk membangun pondasi, setiap di bor ambles ke bawah, dikarenakan adanya arus air masuk terus ke situ, tapi hari ini sudah selesai jadi tidak ada problem yang krusial.

“Alhamdulillah semoga nanti pada tanggal 1 Juli 2024 kita sudah resmikan,mengenai ceremony ya biasa saja yang penting manfaatnya buat masyarakat,”terangnya.

Terkait komunikasi dengan Bu Pj.Mas Dhito akan membahas tentang ruas jalan yang ada di wilayah kota, dan harapannya bisa diperlebar.Sebab yang dari arah Kabupaten pihak Pemda Kabupaten sudah lakukan pembebasan kurang lebih ada 56 KK untuk pelebaran jalan.

“jadi rute dari kabupaten, teman-teman wartawan lihat sendiri sudah ada pelebaran, maka harapan kita, kota bisa melakukan hal yang sama, supaya nantinya akses untuk warga kota dan warga Kabupaten kalau mau ke bandara bisa mudah, tidak perlu harus muter ke jembatan Semampir,” harap Mas Dhito

Sedangkan rencana ketemu dengan pihak pemerintah Kota Kediri,terkait pelebaran jalan Mas Dhito menjadwalkan sebelum tanggal 28 juni atau sesudahnya.

“Keputusan tergantung Bu PJ, saya tidak bisa masuk lebih dalam karena itu internalnya pemerintah kota,” jelasnya .

Masih ditempat yang sama Kadis DPUPR Kabupaten Kediri ,mengatakan molornya pengerjaan diakibatkan oleh adendum perpanjangan tapi akan ditargetkan pada tanggal 28 Juni pekerjaan sudah selesai.

“Setelah itu kita persiapkan untuk pra peresmian seperti pasang aksesoris lampu dan lain sebagainya,” terangnya

Sementara pada tanggal 1 Juli direncanakan akan diresmikan jembatan Jong Biru,untuk itu Dinas PUPR Kabupaten Kediri mempersiapkan diantaranya uji kelaikan,seperti uji pembongkaran,dan pembebanan.

“Biasanya cuman satu hari,secara tehnis truck mandek dengan urukannya,gantian sampai 3 unit truck ukuran jumbo,”jelasnya

Irwan berharap bahwa Pemda Kota Kediri turut mendukung sarana akses menuju bandara,dengan memperlebar ruas jalan.Seperti diwilayah kabupaten agar akses ke bandar menjadi mudah dan lancar.

Batas wilayah kabupaten sekitar 200 meter dari ujung jembatan,setelah itu masuk wilayah kota,seperti di kabupaten pelebaran sampai 9 meter.

“Sempat diukur,jalur akses masuk wilayah kota lebar hanya 6 sampai 7 meter,masak warga keluar rumahnya langsung anguk- anguk jalan raya,kan kasihan warga kota sekitarnya,”jelas Irwan.(*)

Reporter : Achmad Fitriyadi

Artikel Terkait

Berharap Pasar Resmi Khusus Pedagang Loak Bukan Bersifat Sementara

Ini jawaban Kadis DLHKP Imam Muttakin : Tentang Kenaikan Retribusi Kebersihan,Simak Yuk…

Mas Dhito Dorong Petani Kediri Miliki Multi Skill