TAS FM
News

Pj Wali Kota Kediri Resmikan Pengembangan Pembangunan Pasar Grosir Ngronggo

Pj Wali Kota Kediri Resmikan Pengembangan Pembangunan Pasar Grosir Ngronggo
Pj Wali Kota Kediri Resmikan Pengembangan Pembangunan Pasar Grosir Ngronggo

Tasfm.com – Pj Wali Kota Kediri Zanariah melakukan Peresmian Pengembangan Pasar Grosir Buah dan Sayur Ngronggo Kota Kediri, Kamis (7/3). Pengembangan pembangunan pasar grosir ini berupa pembangunan kios dan sarana prasarana pendukung lainnya. Proses pembangunan sudah mencapai 97% dari target dan telah berdiri 107 kios baru. Saat ini juga sedang dilanjutkan pembangunan sarana prasarana pendukung seperti gapura dan taman.

“Sejak September 2023, Perumda Pasar dan paguyuban pedagang Pasar Gosir Ngronggo melakukan perjanjian kerjasama tentang pembangunan lanjutan kios bagi pedagang pasar grosir ini. Kelanjutan pembangunan ini berlangsung dengan sistem Bangun Guna Serah (BGS). Jadi seluruh biaya proses pembangunan hasil swadaya dari pedagang dengan jangka waktu perjanjian BGS selama 10 tahun,” ujar Pj Wali Kota Kediri.

Zanariah menambahkan setelah jangka waktu habis, pengelolaan diserahkan kembali kepada Perumda Pasar Joyoboyo Kota Kediri. Maka dari itu, baik pengelola maupun pedagang pasar untuk menjaga dan merawat pasar ini agar tetap aman, nyaman, bersih dan asri. Di samping itu, manajemen pengelolaan pasar harus lebih profesional untuk meningkatkan mutu layanan dan menjamin kualitas produk. “Tujuannya agar Pasar Grosir Ngronggo ini menarik banyak konsumen dan berdampak menguntungkan semua pihak,” harapnya.

Di akhir sambutannya, Pj Wali Kota Kediri meminta agar di sekitar kios-kios ini untuk ditanami tanaman agar asri dan tidak panas. Selain itu, dihadirkannya perbankan pada acara ini diharapkan transaksi di pasar ini ke depan menggunakan digitalisasi. Karena dengan digitalisasi dapat mengurangi kecurangan yang terjadi. “Kita sebagai pemda juga bisa mengetahui proses perputaran ekonomi di Pasar Grosir Ngronggo ini,” tutupnya.

Setelah peresmian dilakukan, dilanjutkan meninjau kios-kios yang ada di Pasar Grosir Ngronggo dan berinteraksi dengan para pedagang.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Dewan Pengawas Perumda Pasar Joyoboyo Edi Darmasto, Direktur Perumda Pasar Joyoboyo Djauhari Luthfi, Inspektur Inspektorat Muklis Isnaini, Kabag Perekonomian Tetuko Erwin Sukarno, Lurah Ngronggo Heru Sugiarto, perbankan, paguyuban pedagang dan para pedagang Pasar Grosir Ngronggo Kediri.

Artikel Terkait

Wakapolres Kediri Cek Ranmor Dinas Persiapan Hadapi Nataru dan Pemilu 2024

Ini Pernyataan Kepala Dinas PUPR Kota Kediri Tentang Pelebaran Jalan : Simak Infonya

Ini Jawaban Caleg PAN Kota Kediri,Terkait Dugaan Pelanggaran Kampanye