TAS FM
News

Genjot Peningkatan Sertifikat Halal Produk UMK, Dinkop UMTK Bersama Kemenag Kota Kediri Gelar Sosialisasi SEHATI

Genjot Peningkatan Sertifikat Halal Produk UMK, Dinkop UMTK Bersama Kemenag Kota Kediri Gelar Sosialisasi SEHATI
Genjot Peningkatan Sertifikat Halal Produk UMK

Tasfm.com – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Dinkop UMTK) Kota Kediri bersama Kementerian Agama Kota Kediri hari ini menggelar Sosialisasi dan Edukasi Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Bagi Para Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di salah satu hotel di Kota Kediri, Rabu(7/3). Bambang Priyambodo, Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri saat membuka acara menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi ini dilakukan agar para pelaku usaha dapat memperoleh pemahaman yang dibutuhkan terkait pelayanan kepengurusan sertifikasi halal pemerintah. “Dengan begitu, mereka diharapkan segera mengurus pengajuan sertifikat halal melalui layanan yang saat ini dilaksanakan secara lebih cepat, efisien, dan gratis,” terang Bambang.

Bambang menjelaskan program Sehati merupakan upaya pemerintah dalam rangka melakukan percepatan sertifikasi halal bagi pelaku UMK. Upaya tersebut dilakukan dalam rangka melaksanakan amanat UU JPH, yang mewajibkan sertifikasi halal untuk tiga jenis produk, antara lain: Pertama, produk makanan dan minuman. Kedua, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman. Ketiga, produk hasil sembelihan dan jasa penyembelihan. “Kewajiban sertifikasi halal ini berlaku bagi seluruh lapisan pelaku usaha, mulai dari mikro, kecil, menengah, maupun besar,” tegasnya.

Lebih lanjut, Abdul Somad, selaku perwakilan dari Kementerian Agama sekaligus sebagai narasumber mengatakan bahwa salah satu tantangan pelaku usaha yakni masih kurangnya literasi digital, sehingga, diperlukan upaya berbagai pihak untuk bersama-sama melakukan sosialisasi dan edukasi sertifikasi halal ini. “Kalau ada kesulitan, mari kita belajar bersama-sama, mari kita tanya ke Pendamping Proses Produk Halal (P3H) supaya bisa mendapatkan kemudahan” ujarnya.

Sementara itu menanggapi kegiatan tersebut, Ivone Inggar, salah satu pelaku UMK dengan produk Gyoza, merasa sangat antusian dengan diselenggarakannya sosialisasi yang diikuti 150 pelaku usaha di Kota Kediri tersebut. Menurutnya usai menyimak materi dari narasumber dirinya jadi lebih memahami mengenai seluk-beluk sertifikasi halal.

“Penjelasan-penjelasan yang dipaparkan sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMK Kota Kediri. Salah satu hal yang paling Saya tunggu adalah program sosialiasasi halal gratis (SEHATI), di mana Saya bisa memperkuat bukti bahwa apa yang Saya jual adalah produk yang halal dan baik dikonsumsi” kata Ivone. Ia berharap setelah mengikuti kegiatan ini usaha yang digelutinya semakin tinggi peminat dan dapat menjangkau market yang lebih luas.

Artikel Terkait

Pemilu Semakin Dekat, KASN Sosialisasikan Pelanggaran Netralitas ASN

Polres Kediri Kota Ajak Komunitas Budaya Sebagai Coling System Pemilu Damai 2024

Adi TAS FM

Operasi Ketupat Semeru 2024, Kapolres Kediri Kota Dampingi Divisi Propam Polri Pengecekan di Pos Pelayanan