TAS FM
News

Pameran Keris Ikut Semarakkan Peringatan Ulang Tahun Jembatan Lama Kota Kediri ke -155

Pameran Keris Ikut Semarakkan Peringatan Ulang Tahun Jembatan Lama Kota Kediri ke -155
Peringatan Ulang Tahun Jembatan Lama Kota Kediri ke -155

Tasfm.com – Tepat 18 Maret tahun ini, Brug Over den Brantas te Kediri atau yang dikenal dengan nama jembatan lama Kota Kediri kini telah berumur 155 tahun. Bertajuk Pepeling ke-155 Jembatan Lama Kota Kediri, kegiatan dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 18 – 19 Maret 2024.

Berlokasi di Taman Brantas, peringatan hari jadi Jembatan Lama ke-155 ini dihadiri Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XI, Kapolres Kediri Kota, Perwakilan Forkopimda serta berbagai komunitas mulai pemerhati budaya, sejarawan, kolektor keris, kalangan pelajar, dll.

Saat menghadiri kegiatan, Chevy Ning Suyudi Kepala Bappeda Kota Kediri dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh komunitas yang tiap tahun rutin memperingati hari jadi Jembatan Lama. Apalagi tahun ini terselenggara lebih meriah dengan adanya pameran keris. “Semoga ke depan kita bisa melibatkan lebih banyak lembaga pendidikan karena ini bisa menjadi pendidikan karakter bagi anak-anak,” ujarnya.

Lebih lanjut Chevy mengingatkan semua pihak untuk turut serta menjaga dan melestarikan Jembatan Lama sebagai cagar budaya. Tidak hanya sekedar nguri-nguri budaya namun juga memelihara. Dalam hal ini, Pemerintah Kota Kediri juga telah berupaya menjaga dan merawat Jembatan Lama salah satunya dengan membatasi akses ke Jembatan Lama hanya untuk pejalan kaki dan becak. “Jangan sampai Jembatan Lama yang memang kondisinya sudah rawan apalagi jika terkena api. Maka dari itu, kita batasi akses ke Jembatan Lama hanya untuk para pejalan kaki dan kendaraan tanpa motor seperti becak dan sepeda,” ungkapnya.

Ditemui usai kegiatan, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI Provinsi Jawa Timur, Endah Budi Heryani mengatakan Jembatan Lama sudah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional sejak tahun 2022. Jembatan Lama merupakan Cagar Budaya kategori struktur satu-satunya di Jawa Timur sehingga ini harus betul-betul dijaga dan dirawat. “Alhamdulillah kami berterima kasih kepada masyarakat Kota Kediri yang ikut memelihara dan merawat Jembatan Lama dengan sukarela,” terangnya.

Endah menambahkan Kediri merupakan kota yang memiliki banyak peninggalan sejarah. Jika masyarakat menemukan adanya situs bersejarah, Endah menuturkan masyarakat bisa melaporkan ke aparat setempat atau melaporkan ke juru pelihara dan dinas kebudayaan di wilayahnya.

Sementara itu, peneliti Jembatan Lama sekaligus pegiat budaya Imam Mubarok mengatakan pada peringatan Jembatan Lama ke-155 ini pihaknya melibatkan anak muda agar mereka memiliki cita-cita ke depan untuk ikut ambil bagian dan ikut serta menjaga cagar budaya. “Hari ini juga kita pamerkan foto-foto lama dan pemutaran film pendek tentang Jembatan Lama yang bisa menjadi pengingat untuk kita semua bagaimana awal jembatan ini di bangun,” ujarnya. Selain itu, yang tidak kalah menarik dari peringatan tersebut juga dipamerkan keris dari abad ke-8 sampai abad ke-19 dengan jumlah keris sebanyak 155 keris.

Dilanjutkan Imam, upaya pelestarian ini menjadi tanggungjawab bersama mengingat status Jembatan Lama saat ini sudah menjadi Cagar Budaya Nasional. “Semua berkewajiban menjaga, bukan hanya pemerintah daerah saja,” ajaknya.

Alfi salah satu pengunjung asal Bandar mengaku tertarik dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai pengingat bagi kaum muda untuk turut peduli dan menjaga kelestarian Jembatan Lama. “Sebagai masyarakat Kota Kediri kita patut bangga karena salah satu Cagar Budaya nasional ada di Kota Kediri. Selain itu kegiatan ini bisa menggugah kesadaran saya dan masyarakat Kota Kediri untuk lebih peduli dengan keberadaan Cagar Budaya,” pungkasnya.

Rangkaian kegiatan peringatan Jembatan Lama ke-155 tersebut diisi dengan diskusi hitam putih jembatan lama sebagai cagar budaya nasional, pemutaran film sejarah Brug Over Den Brantas Te Kediri, pameran 155 keris dan ditutup dengan buka bersama.

Artikel Terkait

Jelang Mudik ,Team Gabungan Polres Kediri Kota Sidak SPBU Periksa Takaran dan Pastikan Stok BBM Aman

Polres Kediri Sosialisasikan Penggunaan Medsos yang Cerdas Sehat Bermanfaat Menjelang Pemilu 2024

Di Duga Bagi Bingkisan,Caleg PAN Kota Kediri Berurusan Dengan Bawaslu