TAS FM
News

Wali Kota Kediri Akan Luncurkan Layanan Transportasi Umum ‘Bus SATRIA’

Kediri-Pemerintah Kota Kediri segera meluncurkan transportasi umum baru. Bus SATRIA (Sarana Transportasi Kediri Bahagia) akan diluncurkan Jumat tanggal 1 September 2023. Peluncuran akan dilakukan oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama Forkopimda.

Bus SATRIA merupakan layanan terbaru dari Pemerintah Kota Kediri dengan menghadirkan fasilitas transportasi perkotaan gratis di Kota Kediri. Seperti diketahui, Kota Kediri meraih prestasi membanggakan dengan menyabet dua penghargaan sekaligus pada UI Green City Metric 2023. Kota Kediri dinobatkan menjadi peringkat I Kota Paling Berkelanjutan serta Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Akses dan Mobilitas.

“Akan ada layanan transportasi baru berupa bus untuk masyarakat. Layanan ini gratis dan bisa segera dimanfaatkan. Kita beri nama bus SATRIA,” ujarnya, Selasa (29/8).

Abdullah Abu Bakar menjelaskan filosofi dibalik nama SATRIA yang dipilih. Nama tersebut dipilih agar layanan ini dapat mewarisi nilai-nilai yang diusung seorang kesatria. SATRIA senantiasa memberikan manfaat bagi sekitar. Melayani dengan gagah berani, dan dikenal tanpa pamrih. “Filosofi SATRIA itulah yang menjadi semangat untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat. Hadirnya bus SATRIA ini menjawab kebutuhan masyarakat akan adanya transportasi umum lagi,” jelasnya.

Didik Catur Kadishub Kota Kediri mengungkapkan bus SATRIA akan menggunakan 3 armada bus sekolah. Ada jeda waktu antara mengantar dan menjemput yang bisa dimanfaatkan, sehingga bus ini bisa ditingkatkan utilitasnya. Sebagai bentuk layanan kebutuhan mobilitas warga dan meningkatkan konektifitas.

Jadwal keberangkatan bus pertama pada pukul 7.30 WIB. Lalu dimulai lagi sore dengan jadwal pertama pukul 17.00 WIB. Untuk jadwal terakhir pada pukul 19.36 WIB. “InsyaAllah akan ada 2 tambahan bus (model bus bandara) yang ramah disabilitas. Anggarannya dari DBHCHT. Nanti bus mulai berangkat dari Terminal Tamanan pagi pukul 7.30. Setelah waktu menjemput anak-anak sekolah selesai, bus beroperasi lagi sore hari,” ungkapnya.

Sementara untuk rute, bus SATRIA memiliki rute dari Terminal Tamanan dan kembali ke Terminal Tamanan lagi. Panjang rute 20,5 kilometer dan waktu tempuh 1 jam 36 menit. Rutenya Terminal Tamanan – Jl. Dr.Saharjo – Jl. Veteran – Jl. Kawi Utara – Jl. J.A. Suprapto – Taman Sekartaji – Jembatan Brawijaya – Jl. Diponegoro – Jl. Hasanudin – Jl. Pemuda – Jl. Joyoboyo – Jl. HOS Cokroaminoto – Jl. Letjen Sutoyo – Jl. PK. Bangsa – Jl. Erlangga – Jl. Hayam Wuruk – Jl. Dhoho – Jl. Patimura – Jl. Kilisuci – Jl. Brigjen Katamso – Jembatan Alun-alun Bandar – Jl. KH. Wachid Hasyim – Jl. KDP Slamet – Jl. Veteran – Jl. Penanggungan – Jl. Semeru – Terminal Tamanan. Waktu antar kendaraaan satu dan lainnya 30 menit. Total pemberhentian ada 37 titik berupa halte dan stop bus. Ada 10 halte terdiri 6 halte eksisting dan 4 halte baru. Total rambu stop bus ada 26 rambu.[adv/kom]

Artikel Terkait

Perkuat pengawasan orang asing, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Timur pimpin langsung rapat koordinasi Timpora Kabupaten Nganjuk.

Polres Kediri Kota Kembali Droping Air Bersih Untuk Warga Desa Manyaran

Adi TAS FM

Nasabah BRI Kota Kediri Rekeningnya Tercuri Lewat APK : Korban Sosok Tokoh Masyarakat