TAS FM
Headline

Upgrade Skill Desainer Grafis OPD, Pemkot Kediri Gelar Workshop Desain Grafis

Upgrade Skill Desainer Grafis OPD, Pemkot Kediri Gelar Workshop Desain Grafis
Upgrade Skill Desainer Grafis OPD

Tasfm.com – Tak hanya sebagai pembuat kebijakan, institusi pemerintahan juga memiliki tugas untuk mempublikasikan warta maupun informasi yang menyangkut kebijakan pemerintah, capaian kinerja, maupun agenda pemerintahan lainnya kepada khalayak. Untuk itu Pemkot Kediri melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) menyelenggarakan Bimtek Desain Grafis untuk Optimalisasi Publikasi Kegiatan OPD, Jumat (8/3). Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kediri dan diikuti 30 peserta tersebut dibuka oleh Tanto Wijohari, Asisten Administrasi Umum Kota Kediri.

Dalam sambutannya, Tanto mengutarakan bahwa desain grafis merupakan elemen yang sangat vital dalam kegiatan diseminasi informasi. Menurutnya, publikasi di berbagai media perlu dilakukan untuk menjangkau seluruh masyarakat, seperti melalui poster, konsen media sosial, hingga baliho. “Produk desain grafis masih menjadi media yang diperhatikan khalayak. Menarik tidaknya sebuah desain mampu mempengaruhi tersampaikannya informasi pada masyarakat luas,” terangnya.

Sementara itu, Adi Wicaksono, Kepala Bagian Prokopim Pemkot Kediri menuturkan tujuan digelarnya kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kemampuan para desainer grafis yang ada di OPD Pemkot Kediri agar semakin kompeten dalam menyajikan media publikasi Pemkot Kediri. “Jadi kami melihat bahwa medsos di Pemkot Kediri sudah running, jadi banyak sekali kegiatan yang diambil dari situ termasuk capaian ataupun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk meningkatkan engagement follower perlu merancang desain yang cantik,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Adi, poster dan flyer memiliki posisi yang penting dalam government branding karena dapat membawa citra instansi menjadi lebih profesional. Ditambah lagi keberadaan proyek Bandara Internasional Dhoho juga jalan tol menambah peluang untuk menarik masyarakat agar datang ke Kota Kediri, yang mana semua itu harus ditunjang dengan media promosi yang cantik. Maka dari itu pihaknya mengundang langsung Rony Setiawan, seorang praktisi Desain Komunikasi Visual sebagai narasumber.

“Harapannya setelah digelarnya kegiatan ini kualitas publikasi OPD di Pemkot Kediri akan lebih bagus. Setelah ini juga kita buatkan grup diskusi sehingga bisa konsultasi melalui grup, agar konten yang kita posting semakin bagus,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Nurul Dhaimatul, peserta dari Dinas Kominfo Kota Kediri menilai kegiatan yang diikutinya sejak pagi tadi sangat menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi serta kemampuan peserta dari masing-masing OPD. “Perlu adanya banyak literasi atau ilmu lewat kegiatan Bimtek Desain Grafis seperti hari ini untuk mengasah kemampuan membuat konten yang menarik dan sesuai konteks,” ucapnya.

Tak sekadar teori, wanita berkacamata tersebut menuturkan adanya sesi praktikum yang dibimbing pemateri secara langsung sehingga membuat suasana Bimtek semakin interaktif. Di akhir sesi, peserta juga membentuk kelompok kecil untuk melakukan diskusi terkait desain dan konten grafis yang dibuatnya. “Tadi diajarkan teori desain grafis yang membahas mengenai Moodboard, warna (color Pallete), konteks dan konten, font, point of interest, dan Praktik Desain menggunakan Canva,” sebutnya. Dirinya berharap dengan dilangsungkannya kegiatan tersebut dapat menambak kemampuan peserta dalam membuat konten grafis.

Artikel Terkait

Sikadeka Aplikasi Yang Diluncurkan Oleh KPU,Bisa Menggugurkan Peserta Pemilu 2024 ; Simak Infonya

Polres Kediri Kota Jaga Ketat Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu 2024 di PPK

Serahkan LKPD 2023, Pemkab Kediri Komitmen Tingkatkan Integritas Tata Kelola Keuangan Daerah

Editor TASFM.com