TAS FM
News

Tak cuma Terpenjara, Narapidana Lapas Kediri juga Rayakan Idul Adha

Tak cuma Terpenjara, Narapidana Lapas Kediri juga Rayakan Idul Adha
Tak cuma Terpenjara, Narapidana Lapas Kediri juga Rayakan Idul Adha

Tasfm.com – Suasana Idul Adha juga dirasakan oleh Warga Binaan di Lapas Kediri Kanwil Kemenkumham Jawa Timur. Dimulai dengan rangkaian malam takbiran yang menggema di seluruh blok kamar, menciptakan suasana khidmat dan penuh makna sehingga pasti teringat saat-saat berkumpul dengan keluarga para narapidana.

Pada Senin Pagi, seluruh Warga Binaan Muslim berkumpul di lapangan untuk melaksanakan solat Idul Adha. Imam dan khotib Idul Adha dipimpin oleh Kyai Ma’fud, dalam Khutbahnya beliau menyampaikan, “Tidaklah kita lupa akan kisah agung Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Saat perintah Allah turun untuk menyembelih putra tercinta, Nabi Ibrahim dengan penuh keikhlasan menerima dan Nabi Ismail dengan tulus ikhlas menyambut. Keduanya mengajarkan kita arti sebenarnya dari pengorbanan, ketaatan, kesabaran, dan kepatuhan kepada Allah. Di momen Idul Adha ini, mari kita refleksikan keteguhan iman dan ketulusan hati mereka dalam setiap langkah kehidupan kita.” Ungkapnya.

Plt. Kepala Lapas Kediri Budi Ruswanto mengungkapkam Hingga pagi ini, Lapas Kediri menerima hewan kurban berupa 2 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

“Lapas Kediri menerima 2 ekor sapi dari Pemkot Kediri dan Fajar Basthi,kemudian 12 ekor kambing berasal dari Kejari Kota dan Kabupaten, Polres Kediri Kabupaten, DPRD, Baznas dan berbagai pihak termasuk pejabat jajaran Lapas Kediri”, ungkap Budi.

Ia melanjutkan ungkapan rasa harunya atas momen penting ini yang diikuti khidmat oleh seluruh Warga Binaan.

“Momen ini menjadi pengingat bahwa di balik dinding penjara, mereka masih merasakan kebersamaan dan berkah Idul Adha, membawa secercah harapan dalam keterbatasan.” Lanjut Budi.

Setelah rangkaian solat Idul Adha dilaksanakan, acara berlanjut dengan penyembelihan hewan qurban. Uniknya, penyembelihan dilakukan langsung oleh beberapa Warga Binaan yang sudah dilatih, tentunya di bawah pengawasan ketat dari petugas lapas.

Penyembelihan berjalan lancar dan mengikuti syariat Islam. Daging qurban kemudian dibersihkan dan dipotong sesuai aturan. Para narapidana bekerja sama dengan rapi dan penuh semangat dalam mempersiapkan daging qurban tersebut.

Kemudian daging qurban dimasak dengan bantuan petugas dapur. Masakan tersebut kemudian dibagikan kepada seluruh Warga Binaan, sehingga semua dapat merasakan kebahagiaan Idul Adha. Suasana keakraban pun tercipta di antara mereka.

Sesuai intruksi Plt. Kepala Lapas Kediri melalui Kasi Binadik Lapas Kediri, penyembelihan hewan kurban akan diselesiakan pada hari ini juga mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Dan apabila terdapat kendala, akan dilanjutkan keesokan harinya.

Pemberian bantuan Hewan Qurban tersebut sebagai bentuk peduli sesama, sesuai arahan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono bahwa dalam proses pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan juga membutuhkan perhatian, bukan hanya simpati tetapi juga empati dari semua pihak. Semoga hal tersebut juga dapat menginspirasi dan memotivasi diri untuk saling berbagi.(*)

Reporter : Achmad Fitriyadi

Artikel Terkait

Pj Wali Kota Kediri Zanariah Senam Bersama Yayasan Jantung Indonesia, Dorong Masyarakat Lakukan Gaya Hidup Sehat

Apel Jam Pimpinan, Kapolres Tekankan Kedisiplinan dan Kewajiban Dalam Bertugas

Workshop KaTa Kreatif Hadir Di Kota Kediri, Pj Wali Kota dan Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Kota Kediri Antusias Sambut Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno