TAS FM
News

Saksikan Lomba Balap Perahu dan Kontes Perahu Terbaik Karya Warga Kelurahan Pakunden, PJ Wali Kota Kediri : Lombanya Keren dan Bisa Jadi Inspirasi Daerah Lain

Saksikan Lomba Balap Perahu dan Kontes Perahu Terbaik Karya Warga Kelurahan Pakunden, PJ Wali Kota Kediri : Lombanya Keren dan Bisa Jadi Inspirasi Daerah Lain
Saksikan Lomba Balap Perahu dan Kontes Perahu Terbaik Karya Warga Kelurahan Pakunden, PJ Wali Kota Kediri : Lombanya Keren dan Bisa Jadi Inspirasi Daerah Lain

Tasfm.com – PJ Wali Kota Kediri Zanariah menyaksikan lomba balap perahu sekaligus kontes perahu terbaik yang diselenggarakan oleh warga Kelurahan Pakunden Kota Kediri, Minggu (21/4). Lomba ini diselenggarakan di aliran sungai kecil di belakang Kantor Kelurahan Pakunden dan perahu-perahu tersebut akan menyusuri sungai sekitar 500 meter untuk mencapai finish.

Sebanyak 55 peserta mengikuti lomba ini. Perahu-perahu yang dilombakan merupakan buatan tangan warga Kelurahan Pakunden sendiri, dan dengan bahan dasar yang beraneka ragam. Pada lomba kali ini diambil tiga terbaik sebagai juaranya. Untuk lomba balap perahu dalam penentuan juaranya dilihat dari kecepatannya mencapai finish. Namun untuk kontes perahu terbaik, penentuan juaranya berdasarkan tingkat kesulitan dalam perakitan perahu, pewarnaan dan kemiripan dengan bentuk aslinya.

Pada kesempatan itu, PJ Wali Kota Kediri memberikan apresiasi atas kreativitas warga Pakunden dalam membuat kegiatan yang unik ini. Memang sangat perlu adanya kegiatan semacam ini untuk menarik masyarakat luar Kota Kediri untuk berkunjung ke Kota Kediri. Apalagi perahu yang digunakan untuk lomba juga buatan tangan warga sendiri, sehingga ini bisa menjadi peluang penghasilan bagi warga sekitar.

“Kalau banyak orang tahu kegiatan ini, lalu banyak yang datang ke sini dan tertarik dengan perahu buatan warga Pakunden ini, nanti banyak yang pesan ini merupakan sebuah peluang yang harus terus didukung agar bisa lebih baik sekaligus dapat meningkatkan perekonomian,” jelasnya.

Zanariah juga mengingatkan karena lomba perahu ini dilakukan di sungai, pesannya warga terus menjaga kebersihan dan kelestarian sungai serta tidak buang sampah di sungai. “Agar sungai ini dapat menjadi sumber kehidupan masyarakat dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan positif semacam ini sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi yang berkunjung di Kota Kediri,” tambahnya.

Di samping itu, PJ Wali Kota Kediri menambahkan kegiatan lomba balap perahu seperti ini bisa menjadi contoh daerah lainnya, hanya saja tinggal menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki daerah tersebut. Sisi positif lainnya warga sekitar juga bisa berjualan di area lomba sehingga ada perputaran ekonomi di daerah Pakunden ini.

Di akhir acara, PJ Wali Kota Kediri juga menyerahkan hadiah uang tunai kepada para pemenang lomba balap perahu. Juara 1 dimenangkan oleh Perahu Gondang. Juara 2 dimenangkan oleh Perahu Sademo. Juara 3 dimenangkan oleh Perahu Eko, serta Juara Harapan 1 dimenangkan oleh Perahu Nakula.

Artikel Terkait

Pj Wali Kota Kediri Resmikan Pengembangan Pembangunan Pasar Grosir Ngronggo

Kesepakatan Antara Warga Tempurejo dan SPBU Masih Menunggu Satu Minggu ; Ini Harapan Warga Terdampak

Adi TAS FM

99% Rekom Partai Demokrat Berikan Kepada Mbak Vinanda Maju Walikota Kediri