TAS FM
News

Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Masyarakat Lakukan Pola Hidup Sehat

Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Masyarakat Lakukan Pola Hidup Sehat
Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Pj Wali Kota Kediri Zanariah Ajak Masyarakat Lakukan Pola Hidup Sehat

Tasfm.com – Pj Wali Kota Kediri Zanariah mengajak masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat untuk menghindari hipertensi. Hal itu disampaikan dalam acara Gerakan Sadar Hipertensi (GRADASI) 2024. Acara diselenggarakan di GNI, Jumat (28/6). Kegiatan ini untuk memperingati Hari Hipertensi Sedunia.

“Hipertensi atau tekanan darah tinggi bagaikan silent killer yang mengintai keseharian kita. Seperti kita ketahui hipertensi seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas. Jika terus dibiarkan hipertensi dapat memicu gangguan kesehatan serius seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal,” ujarnya.

Zanariah mengungkapkan meskipun dapat memicu gangguan kesehatan serius masih banyak masyarakat yang belum menyadarinya. Maka dari itu, pentingnya deteksi dini harus dilakukan. Berdasar riset kesehatan dasar nasional prevalensi hipertensi di Indonesia mencapau 34,1%. Sedangkan menurut data Dinas Kesehatan tahun 2023 hipertensi di Kota Kediri telah mencapai 196.205 orang. “Masyarakat harus melakukan deteksi dini. Bisa dilakukan di Posbindu,” ungkapnya.

Melalui acara ini, Pj Wali Kota Kediri berharap para kader dan tenaga kesehatan dapat membantu memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat. Khususnya tentang gaya hidup cerdik dan patuh sehingga masyarakat Kota Kediri bisa mencegah dan menanggulangi penyakit hipertensi. Kader dan tenaga kesehatan harus terjun langsung ke masyarakat. “Tidak lupa tugas Bapak Ibu tidak kalah beratnya saya berpesan tetap jaga pola tidur dan pola makan sehat serta bergizi seimbang. Upayakan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. Serta rutin mengukur tekanan darah baik secara mandiri maupun di fasilitas kesehatan,” pungkasnya.

Artikel Terkait

valuasi Kinerja Coklit,Bawaslu Hadirkan PPL Se Kecamatan Kota Kediri

Siap Amankan Pemilu 2024, Polres Kediri Gelar Gladi Posko dan Tactical Floor Game (TFG)

Adi TAS FM

Demo Masak Berbahan Dasar Pangan Olahan Bersama Chef Ragil