TAS FM
News

Pemkot Kediri Sampaikan Empat Tema Pembangunan dalam Musrenbang RKPD Tahun 2025

Pemkot Kediri Sampaikan Empat Tema Pembangunan dalam Musrenbang RKPD Tahun 2025
Empat Tema Pembangunan dalam Musrenbang

Tasfm.com – Mengawali tahun 2024, Pemerintah Kota Kediri melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kediri tahun 2025 dalam Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) mulai tingkat kelurahan hingga kota. Rencana tersebut disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Perencanaan Pembangunan Tahun 2025 hari ini, Kamis, (25/1). Kegiatan yang digelar di Ruang Joyoboyo tersebut merupakan tindaklanjut dari ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 yang mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk melaksanakan Musrenbang.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yakni untuk menyampaikan agenda kegiatan Musrenbang, serta membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas Kota Kediri guna mewujudkan Kota Kediri sebagai kota pelayanan dan jasa. Ferry Djatmiko, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, dalam sambutannya menyampaikan terdapat beberapa prestasi pembangunan Pemkot Kediri di tahun 2023, antara lain: meningkatnya Indeks Kerukunan Antar Umat Beragama (IKAUB), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Kota Layak Huni (IKLH), serta penurunan tingkat kemiskinan.

Lebih lanjut lagi, Ferry mengemukakan Pemkot Kediri telah merencanakan Target Kinerja Utama Pembangunan Tahun 2024, sebagai berikut: IKAUB sebesar 4,3; skor Smart City sebesar 3,55; tingkat kemiskinan sebesar 6,90%, IPM sebesar 79,65; IKLH sebesar 80,50 (baik); Indeks Gini sebesar 0,350-0,390; Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 3,80 (A); Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) sebesar 77,00; serta pertumbuhan ekonomi sebesar 5,00-6,00%.

Ia menambahkan, berdasarkan arahan dari Kementerian PANRB, pembangunan yang dilaksanakan di daerah harus bersifat tematik. “Untuk memfokuskan arah pembangunan daerah, kita telah menetapkan ada empat tema RKPD Tahun 2025, yaitu: penurunan kemiskinan, stunting, Kota Layak Anak (KLA), dan inovasi,” jelas Ferry.

Ferry berharap agar dalam melaksanakan pembangunan di Kota Kediri dapat tercipta sinergitas yang baik, sehingga target-target yang telah ditetapkan dapat tercapai. “Saya berharap agar kita semua bisa mewujudkan program-program prioritas Pemkot Kediri yang telah dicanangkan, kita upayakan juga untuk bisa melampaui target” tuturnya. Adapun jadwal pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2025 sebagai berikut: Sosialisasi Musrenbang RKPD Tahun 2025 tanggal 25 Januari 2024; pelaksanaan Musrenbang Kelurahan tanggal 26-30 Januari 2024; pelaksanaan Musrenbang Tematik tanggal 5-23 Februari 2024; pelaksanaan Musrenbang Kecamatan tanggal 20-22 Februari; pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Per Bidang tanggal 27 Februari 2024; Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2025 tanggal 29 Februari 2024; Musrenbang RKPD Tahun 2025 tanggal 6-7 Maret 2024.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi tersebut turut dihadiri seluruh jajaran Kepala OPD, Direktur RSUD Gambiran, Direktur RS Kilisuci, seluruh Camat dan Lurah se-Kota Kediri.

Artikel Terkait

Dosen Universitas Kadiri Raih Gelar Doktor,Bidang Ilmu Hukum

Gelar Sidak Parcel, Pemkot Kediri Temukan Produk Tanpa Kode PIRT dan Tanggal Kadaluarsa

Capaian Nilai Indeks Reformasi Birokrasi Kota Kediri Meningkat, Pj Wali Kota Kediri : Hasil Upaya Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan