TAS FM
News

Maknai Hari Kesadaran Nasional, WBP Lapas Kediri Jadi Petugas Upacara

Maknai Hari Kesadaran Nasional, WBP Lapas Kediri Jadi Petugas Upacara
Maknai Hari Kesadaran Nasional, WBP Lapas Kediri Jadi Petugas Upacara

Tasfm.com – Penuh khidmat, WBP Lapas Kelas IIA Kediri Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur melaksanakan upacara dalam rangka hari kesadaran nasional. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang digelar setiap tanggal 17 setiap bulannya. Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Blok C Lapas Kediri.

Upacara tersebut diikuti oleh perwakilan para Warga Binaan Pemasyarakatan yang berjumlah sekitar 199 Warga Binaan dan 10 Tahanan, juga diikuti oleh Plt Kalapas Kediri Budi Ruswanto beserta jajaran Lapas Kediri.

Kegiatan upacara ini telah sejalur dengan program pembinaan di dalam lapas yang mana warga binaan pemasyarakatan juga diberikan kesempatan untuk secara bergantian menjajal tampil menjadi petugas upacara. Selain dapat menumbuhkan rasa cinta pada negeri kepada para WBP, menjadi petugas upacara juga dapat memberikan sebuah pengalaman tersediri.

Dalam kegiatan upacara hari kesadaran tersebut, Plt. Kalapas Kelas IIA Kediri, Budi Ruswanto selaku Inspektur Upacara mengingatkan kepada seluruh Warga Binaan untuk terus meningkatkam kualitas diri selama menjalani masa pidana di dalam Lapas.

“Kami telah menyediakan berbagai program pembinaan dan sarana edukasi positif salah satunya perpustakaan yang dapat menjadi sarani literasi, manfaatkan itu sebaik mungkin. Ikuti kegiatan pelatihan dan pembinaan yang kami berikan. Warga Binaan Lapas Kediri harus meningkat kualitas dirinya,” Tegas Budi.

“Kalian yang berada di sini hanya tersesat, dan hanya sementara di tempat ini, meskipun begitu keberadaan kalian disini adalah konsekuensi yang harus diterima dan dihadapi karena kalian telah membuat kesalahan diluar oleh karena itu tugas kalian bukan hanya makan dan tidur. Usahakan ikuti semua pembinaan yang kita berikan dengan baik sehingga setelah kita bebas dari sini kita bisa menjadi orang bermanfaat, kami berkomitmen akan meningkatkan seluruh pelayanan yang ada di Lapas Kediri serta saya mengapresiasi kepada panitia upacara yang telah mempersiapkan dengan baik,” tambahnya.

Sesuai arahan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono, diharapkan dengan dilibatkannya wbp dalam upacara wbp tersebut mampu menyadari pentingnya sikap disiplin dan menumbuhkan rasa cinta pada negeri.[*]

Reporter : Achmad Fitriyadi

Artikel Terkait

KPU Kota Kediri,Adakan Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Anggota DPRD

Polsek Plemahan Patroli Tempat Wisata Antisipasi Kriminalitas

KPU Kabupaten laksanakan Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024 Selama 2 Hari