TAS FM
News

Kadiv Yankumham Kemenkumham Jatim Dorong Tempe Lakuli dan Pecut Laduri didaftarkan sebagai Brand Merek Lapas Kediri

Kadiv Yankumham Kemenkumham Jatim Dorong Tempe Lakuli dan Pecut Laduri didaftarkan sebagai Brand Merek Lapas Kediri
Kadiv Yankumham Kemenkumham Jatim Dorong Tempe Lakuli dan Pecut Laduri didaftarkan sebagai Brand Merek Lapas Kediri

Tasfm.com – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mendapat kunjungan dari Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kadiv Yankum dan HAM), Dulyono. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan monitoring serta memastikan terlaksananya P2HAM/ Pelayanan Publik yang berlandaskan Hak Asasi Manusia dan Pos Pengaduan HAM di lingkungan Lapas.

Dalam kunjungannya, Dulyono disambut oleh Plt Kepala Lapas Kelas IIA Kediri, Budi Ruswanto beserta jajaran. Inspeksi berlangsung ke berbagai fasilitas di Lapas Kediri. Beliau mengunjungi ruang kunjungan, dapur, klinik kesehatan, serta blok hunian WBP. Dalam setiap kunjungan ke fasilitas tersebut, Dulyono berdialog dengan para petugas dan WBP untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kondisi dan pelayanan yang diberikan.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap WBP mendapatkan hak-hak mereka sesuai dengan standar HAM. Pelayanan yang baik dan manusiawi adalah prioritas utama,” tegasnya.

Beliau juga memberikan arahan mengenai pentingnya pelayanan yang berorientasi pada HAM dan mengingatkan para petugas untuk selalu menjaga integritas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas.

Disela-sela inspeksi fasilitas berlangsung, Budi Ruswanto membantu menjelaskan mengenai berbagai program dan layanan yang telah diterapkan di Lapas Kediri, termasuk upaya peningkatan kualitas layanan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kadiv Yankumham Jatim Dulyono juga mendorong hasil kreatifitas Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kediri untuk didaftarkan hak kekayaan intelektualnya pada DJKI, serta hasil kreatifitas WBP Lapas kediri yang diantaranya Tempe Lakuli dan Pecut Laduri sebagai brand merk Lapas Kediri.

Kunjungan ini diakhiri dengan evaluasi singkat dan penyerahan rekomendasi dari Kadiv Yankum dan HAM kepada Plt Kalapas Kediri. “Kami berharap rekomendasi tersebut dapat menjadi panduan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di Lapas Kediri, sehingga hak-hak WBP selalu terjamin dan terlindungi,” terang Dulyono.

Sesuai arahan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono bahwa dengan adanya kunjungan dan monitoring ini, diharapkan Lapas Kelas IIA Kediri dapat terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan berlandaskan Hak Asasi Manusia, demi tercapainya pemasyarakatan yang lebih baik dan manusiawi.(*)

Reporter : Achmad Fitriyadi

Artikel Terkait

Tuntaskan Permasalahan Anak Tidak Sekolah (ATS), Pemkot Kediri Gelar Rakor ATS Berbasis Data

Pj Wali Kota Kediri Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Ingatkan Untuk Miliki Cita-Cita yang Tinggi

Undang semua unsur dalam FKP, Upaya Pemkot Kediri Tingkatkan Layanan Publik