TAS FM
Lifestyle

Jelang Satu Dekade Bekarya, Nowela Merilis Single “Bertahan”

Jelang Satu Dekade Bekarya, Nowela Merilis Single “Bertahan”
Nowela Merilis Single “Bertahan

Tasfm.com – Menjelang 1 dekade karier bermusiknya di industri musik Indonesia, Nowela Mikhelia kembali memberikan karya terbaiknya lewat single terbaru berjudul ‘Bertahan’. Single yang bernuansa ballad ini bisa dibilang merupakan single paling sederhana yang pernah dirilis oleh Nowela karena hanya berisi irama piano di dalamnya. Walau terdengar sederhana, namun nyatanya, single ini punya makna yang sangat mendalam baik secara lirik maupun secara pesan yang ingin disampaikan oleh Nowela.

 

“Single ini jadi teriakan hati saya atas hal berat yang terjadi sepanjang hidup saya,” jelas Nowela. “Mulai dari perlakuan berbeda di masa lalu, penolakan terhadap diri saya di masa kecil, hingga depresi yang saya alami 2 tahun lalu. Saya rasa tiap orang pernah ada di titik buntu hingga susah untuk menatap ke depan. Single ini memang terbuat dari luka hati tapi kemudian dibalut dengan setitik harapan dan keyakinan akan harapan di ujung jalan dari tiap tantangan hidup,” lanjutnya. Single ini ditulis Nowela bersama dengan Kaleb J dan Belanegara Abe yang juga bertugas sebagai Music Producer di dalamnya. Sementara itu, Irvnat berperan sebagai Vocal Producer dan DirectorOgi Lucas sebagai Recording Engineer di Passion Vibe Compound JakartaHery Alesis sebagai Vocal Editor, Mixing oleh Ano Stevano dan Mastering oleh Dimas Pradipta.

 

“Bertahan” jadi single yang tidak biasa bagi Nowela karena kesederhanaan yang ditampilkan di dalamnya. Namun, dia percaya bahwa dalam kesederhanaan tersebut tersimpan makna yang mendalam. “Saya juga tidak pernah berpikir untuk punya lagu hanya diiringi piano, karena saya selalu menganggap suara saya hanya match dengan musik yang powerful seperti di single sebelumnya, tapi inilah hasil dari apa yang ada di dalam hati saya. Single simple yang hanya diiringi piano tapi punya makna yang sangat dalam buat saya,” ungkapnya.

 

Ini bukan kali pertama Nowela merilis single yang bertema tentang harapan, termasuk di ‘Bertahan’ kali ini. Memang, tujuan Nowela adalah agar tiap karyanya dapat membawa hal yang positif bagi banyak orang karena dia percaya bahwa musik dapat mengubah kehidupan seseorang dan ‘harapan’ merupakan media Nowela untuk melakukan hal tersebut. Diapun berpesan dan berharap di single ini para penikmat musik di Indonesia dapat memiliki harapan untuk terus bertahan di masa-masa sulit hidup ini dan ‘Bertahan’ dapat menjadi sebuah suara dan apresiasi buat mereka yang sudah bertahan hingga hari ini.

Video lirik single ini juga telah dirilis di Channel Youtube Passion Vibe. Tetap dengan menghadirkan tema simplicity, Nowela terlihat bernyanyi dengan latar belakang Taman Nasional Baluran di Banyuwangi. Bercerita tentang proses pembuatannya, Nowela mengaku bahagia dan merupakan salah satu bucket list dirinya untuk dapat shooting di tempat tersebut. “Saya sangat excited karena tempat tersebut adalah salah satu bucket list tempat tujuan saya shooting. Selain itu, karena kami datang di musim kering, image ‘afrika-nya Indonesia’ bisa kami dapatkan,” kisah Nowela. “Dalam video, pemilihan baju yang merupakan dress indah dengan rambut panjang adalah sebuah gambaran penerimaan akan diri saya saat ini. Saya adalah perempuan insecure yang tidak mau pake dress karena merasa diri buruk rupa, tapi hari ini setelah proses panjang bertahan dan berusaha menerima diri, saya bersyukur dapat mencintai diri saya,” lanjutnya berkisah. Dress dalam video tersebut merupakan dress yang dibuat oleh Ivan Gunawan yang sekaligus menjadi lambang sosok Nowela yang selalu bertahan untuk melalui proses panjang penerimaan diri.

Proses panjang dalam perjalanan karier Nowela juga masih terus akan bergulir lewat karya-karya terbarunya yang akan dirilis dalam waktu dekat. Seperti yang tengah dia persiapkan adalah sebuah Mini Album yang diharapkan akan menjadi suara bagi banyak orang yang pernah melalui masa-masa tidak mudah dalam hidupnya, seperti apa yang dia alami.

Artikel Terkait

Tiara Andini Angkat Budaya Jawa di Single Terbaru “Ngeluwihi”

“PESAN RINDU” WUJUD EKSISTENSI KERISPATIH DI BLANTIKA MUSIK INDONESIA

Salad Buah Tembus Pondok Pesantren ; Omzet sampai 10 Juta / Bulan

Adi TAS FM