TAS FM
News

Bantuan Pangan Tahap II Kembali Digulirkan, Pemkot Kediri Lakukan Monitoring Pendistribusian

Bantuan Pangan Tahap II Kembali Digulirkan, Pemkot Kediri Lakukan Monitoring Pendistribusian
Bantuan Pangan Tahap II Kembali Digulirkan, Pemkot Kediri Lakukan Monitoring Pendistribusian

Tasfm.com – Setelah merampungkan program bantuan pangan pemerintah dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada tahap I, kini Pemkot Kediri kembali melakukan monitoring penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras tahap II yg meliputi bulan April, Mei dan Juni 2024. Pada saat ini berlangsung penyaluran dengan jumlah Keluarga Penerima Bantuan Pangan (PBP) di Kota Kediri tercatat sebanyak 33.632 jiwa. Penyaluran bantuan yang melibatkan pihak kelurahan dan TRC tersebut dilakukan guna meringankan beban masyarakat miskin yang tercatat pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Moh Ridwan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, guna memastikan penyaluran bantuan berjalan lancar, DKPP mengambil peran yang cukup penting, seperti: melakukan persetujuan data PBP yang diperoleh dari pusat, memastikan kualitas beras dengan melakukan uji kadar air sesuai standar yakni minimum 13%, dan terakhir melakukan monitoring kegiatan penyaluran bantuan pangan. “Pada tahap kedua ini proses penyaluran bantuan dilaksanakan mulai tanggal 27 Mei 2024 sampai saat ini masih berlangsung, hari ini bertempat di Kelurahan Setono Gedong dan Kelurahan Bangsal,” ujar Ridwan.

Adapun rincian data penerima bantuan, sebagai berikut: Kecamatan Kota sebanyak 8.946 jiwa, Kecamatan Mojoroto sebanyak 11.893 jiwa, dan Kecamatan Pesantren dengan jumlah 12.793 jiwa. “Setiap penerima nantinya mendapatkan bantuan sejumlah 10 kilogram beras medium, syaratnya dengan membawa undangan, KTP, dan Kartu Keluarga pada saat pengambilan,” terangnya.

Penyaluran bantuan pangan ini merupakan program pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang menugaskan Perum BULOG untuk ketersediaan beras. Selanjutnya Perum Bulog menunjuk PT Yasa Artha Trimanunggal sebagai transporter untuk menyalurkan bantuan kepada keluarga penerima bantuan pangan di Kota Kediri.

Ridwan berharap pemberian bantuan beras ini dapat menambah ketersediaan pangan, khususnya komoditas beras sehingga di Kota Kediri tidak akan ada kelangkaan beras. “Semoga bantuan pangan ini bermanfaat dan komoditas pangan beras bisa di kalangan masyarakat Kota Kediri tercukupi,” pungkasnya.

Salah satu penerima bantuan pangan, Endang asal Kelurahan Bangsal menyampaikan rasa syukurnya dan merasa senang mendapatkan bantuan beras tersebut. Ia mengatakan meskipun harga beras di pasaran saat ini sudah stabil yakni Rp.12.500 per kilogram untuk kategori beras medium, dirinya merasa terbantu dengan bantuan tersebut. “Alhamdulillah bisa dapat bantuan, insyaAllah sangat bermanfaat dan akan saya gunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga,” tutupnya.

Artikel Terkait

NGONTEL BERBUDAYA BARENG MAS BUP DAN KOSTI KABUPATEN KEDIRI DIIKUTI RIBUAN PESERTA

Polres Kediri Kota Jaga Ketat Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu 2024 di PPK

Show Off Force Jalan Ninja Berlanjut,Bro Ronny Kembalikan Formulir Pendaftaran Ke Dua DPD Partai Di Kediri : DPD PKS Ada Kesamaan Program