TAS FM
News

Pj Wali Kota Kediri Beri Arahan pada Workshop Literasi dan Inklusi Keuangan Kepada Wirausaha Cerdas Dalam Memilih Penggunaan Financial Technolog

Pj Wali Kota Kediri Beri Arahan pada Workshop Literasi dan Inklusi Keuangan Kepada Wirausaha Cerdas Dalam Memilih Penggunaan Financial Technolog
Pj Wali Kota Kediri Beri Arahan pada Workshop Literasi dan Inklusi Keuangan Kepada Wirausaha Cerdas Dalam Memilih Penggunaan Financial Technolog

Tasfm.com – Pj Wali Kota Kediri Zanariah memberikan arahan dalam Literasi dan Inklusi Keuangan Kepada Wirausaha Cerdas Dalam Memilih Penggunaan Financial Technology (Fintech). Pj Wali Kota Kediri bergabung melalui zoom meeting, Selasa (11/6). Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari OJK Kediri dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Zanariah mengatakan UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Menurut data Kemenkop UMKM pada tahun 2023, sebanyak 61% PDB disumbangkan oleh UMKM dalam negeri. Serta 97% tenaga kerja diserap oleh sektor ini. Dari angka ini, tampak kontribusi besar dari UMKM pada perekonomian. Untuk itu, melalui acara ini para UMKM diberi kesempatan untuk mengupdate wawasan. Sehingga para pelaku UMKM memiliki kemampuan untuk mengelola bisnis dengan berkelanjutan dan bisa naik kelas. Dari usaha mikro dengan pendapatan hingga 2 miliar bisa naik ke kelas usaha kecil dengan pendapatan sampai 15 miliar dan seterusnya. “Saya sampaikan apresiasi pada seluruh pelaku usaha di Kota Kediri yang terus memupuk semangatnya untuk terus berkembang. Serta berkontribusi menyediakan lapangan pekerjaan. Seperti 125 orang pelaku usaha yang ada di forum ini,” ujarnya.

Pj Wali Kota Kediri mengungkapkan selain ketekunan dalam kegiatan pemasaran dan pengembangan produk, pengelolaan keuangan yang baik serta modal yang cukup juga menjadi nyawa untuk memajukan usaha. Laporan keuangan yang rapi serta memisahkan antara harta pribadi dan bisnis merupakan cara jitu untuk memantau kondisi kesehatan cashflow usaha. Selain itu, modal yang cukup dapat membantu bisnis untuk ekspansi kuantitas produk dan cakupan pasar.

Tidak sedikit pelaku UMKM yang memiliki keterbatasan modal yang menyebabkan kegagalan di tengah jalannya usaha dan kesulitan mencari akses permodalan. Saat ini sudah banyak pilihan dalam mengakses permodalan termasuk versi digital atau Fintech. Hanya saja para wirausahawan ini perlu mendapat informasi lebih terkait apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih Fintech yang aman. “Maka tepat sekali hari ini digelar acara ini karena materinya relate serta dibawakan oleh narasumber yang susah expert di bidangnya. Jadi manfaatkan ini untuk menggali ilmu lebih dalam lagi dan jangan malu untuk bertanya. Saya sampaikan kepada TPAKD, OJK, serta AFPI atas kolaborasinya menggandeng para pelaku usaha ini mendapat ilmu baru terkait kewirausahaan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Zanariah berpesan kepada para pelaku UMKM untuk selalu gigih menangkap peluang dan tidak mudah menyerah menjalankan bisnis. Terapkan disiplin ilmu dan bijak dalam mengelola uang. Susun strategi terbaik dan terukur bagi bisnis yang dijalankan. Selalu terapkan ilmu yang sudah didapat dari berbagai forum yang diikuti. “Semoga dengan komitmen dan konsistensi teman-teman dalam menjalankan bisnis bisa membawa hasil terbaik. Bahkan bisa ekspansi ke skala nasional hingga internasional. Kami jajaran Pemkot Kediri selalu terbuka untuk mendukung dan membantu sesuai dengan kemampuan kami,” pesannya.

Turut hadir dalam acara ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan M. Ferry Djatmiko, Kepala OJK Kediri Ismirani Saputri, Kepala Bagian Perekonomian Tetuka Erwin, Alumnus Pehneur, HIPMI, dan IKM serta tamu undangan lainnya.

Artikel Terkait

Petani Kediri Akhirnya Terima 200 Sertifikat Tanah dari Menteri ATR/BPN

Kapolres Kediri Kota, Mendadak Jadi Guru Pada Kelas Inspirasi di MI dan MTS Miftahul Afkar Selotopeng

Gandeng Media dan LSM Diskusi Bareng Bahas PPDB,Cabang Dinas : Tingkatkan Kualitas Pendidikan