TAS FM
News

Peringati Hari HAM, 45 Warga Binaan Lapas Kelas II A Kediri Ikuti Cooking Class.

Peringati Hari HAM, 45 Warga Binaan Lapas Kelas II A Kediri Ikuti Cooking Class.
45 Warga Binaan Lapas Kelas II A Kediri Ikuti Cooking Class.

Tasfm.com – Dalam rangka memperingati Hari HAM (Hak Asasi Manusia) Sedunia, Lapas Kelas IIA Kota Kediri Berkolaborasi dengan Surya Hotels Group menyelenggarakan Cooking Class dengan membuat 1050 porsi lauk dan sayur yang diikuti sejumlah 45 warga binaan lapas pada kamis (11/1).

PJ Walikota Kediri Zanariah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya rangkaian acara ini serta hadirnya acara ini sekaligus dalam rangka memperingati hari hak asasi manusia pada tanggal 10 Desember 2023, meskipun bulannya sudah berlalu, tetapi tidak akan mengubah bahwa esensi semangat menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Dan salah satu wujudnya melalui pelatihan memasak bersama 45 warga binaan perempuan di Lapas Kelas II A kediri”, ucapnya.

Zanariah menjelaskan Kegiatan ini menjadi penting guna membekali keterampilan Pada warga binaan khususnya para wanita atau perempuan serta jelang dibukanya bandara dhoho, maka semua harus bersaing termasuk dengan para warga binaan.

“Nah insyaallah melalui pelatihan yang sangat singkat ini diharapkan dapat menghadirkan optimisme serta kesetaraan akses peningkatan keterampilan antara warga binaan dan masyarakat pada umumnya. Sehingga setelah usai masa binaan dapat memiliki kemandirian serta kepercayaan diri untuk berbaur dengan masyarakat dan membuka usaha kuliner”, imbuhnya.

Sementara itu Hariono selaku kasubag TU Lapas kelas II A Kediri menyebut jika kegiatan ini merupakan CSR murni dari Grand Surya Group dan sebuah bentuk kepedulian kepada pembinaan warga di Lapas Kelas II A Kediri.

Lanjut Hariono menyebut jika Hal hal semacam ini yang kita inginkan dari luar, yang jelas warga binaan membutuhkan kegiatan kegiatan atau penambahan ilmu pengetahuan skill dari berbagai sisi untuk mempersiapkan mereka nantinya bisa kembali kepada masyarakat, bisa melaksanakan tugas mereka sebagai warga warga negara, bisa bermanfaat diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

“tanpa ada pembinaan semacam ini niscaya mereka punya Tambahan ilmu pengetahuan untuk itu sebagaimana katakan tadi, ibu pj walikota, seyogyanya memang karena ini termasuk warga warga dari Kota Kediri”, ucapnya.

Sementara itu Fajar Aziz selaku General Manager Grand Surya merasakan pengalaman yang baru serta terasa tertantang mengingat jumlah penghuni Lapas Kelas IIA Kediri hampir 1.000 warga, serta menempatkan makanan di dalam 1000 kotak yang akan didistribusikan kepada warga binaan menghabiskan waktu sekitar 2 jam.

“Tantangannya itu sebenarnya adalah di dapurnya sendiri dimana sirkulasi udara dan itu adalah pengalaman baru buat kita”, ucapnya.

Lanjut Fajar menyebut dalam giat ini menghabiskan lebih dari 100 kg untuk berbagai bahan.

” baby buncis buncis yang kecil kecil yang di chinese restoran itu itu ngabisin105kg itu dibuncis saja kalau ayam sekitar 100 lebih kilo Sudah dalam bentuk potongan, terus kemudian Satu lagi ikan kita pakai ikan dori jadi file tanpa tulang itu juga sekitar pokoknya rata rata di atas 100kg, semua di atas 100kg”, imbuhnya.*

Reporter : Achmad Fitriyadi

Artikel Terkait

KPU Kota Kediri Tampik Isu Pelanggaran Pemilu 2024

Kapolres Kediri Kota Pimpin Upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat 57 Anggota Periode 1 Januari 2024.

Perkuat pengawasan orang asing, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Timur pimpin langsung rapat koordinasi Timpora Kabupaten Nganjuk.