TAS FM
News

Pemotongan Hewan Qurban Dan Semangat Kebahagiaan Dari Balik Jeruji Besi Lapas Kediri

Pemotongan Hewan Qurban Dan Semangat Kebahagiaan Dari Balik Jeruji Besi Lapas Kediri
Pemotongan Hewan Qurban Dan Semangat Kebahagiaan Dari Balik Jeruji Besi Lapas Kediri

Tasfm.com – Momen Hari Raya Idul Adha di Lapas Kediri Kanwil Kemenkumham Jawa Timur membawa kebahagiaan tersendiri bagi para Warga Binaan dan Petugas Lapas. Dua ekor sapi qurban sengaja didatangkan hari ini, membawa semangat kebersamaan khususnya bagi 900an penghuni lapas. Mereka merasakan kembali kelezatan daging qurban selama tiga hari berturut-turut.

Proses pemotongan dan pembagian daging dilakukan dengan tertib dan antusias. Dari dua ekor sapi mampu menghasilkan 400 kilogram daging segar. Para Warga Binaan terlibat dalam pengolahan daging menjadi berbagai hidangan lezat yang dinikmati selama tiga hari.

Sebanyak 160 bungkus plastik daging qurban dibagikan kepada masyarakat sekitar. Ini juga menunjukkan bahwa Lapas Kediri mengajarkan kepada Warga Binaan (Narapidana) peduli terhadap sesama. Warga sekitar menyambut baik pembagian ini, merasa terbantu selama perayaan Idul Adha.

Plt Kalapas Kediri, Budi Ruswanto menekankan pentingnya semangat gotong royong dan kebersamaan dalam perayaan Idul Adha ini. “Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian sosial tetap hidup dan berkembang di dalam lingkungan lapas. Ini adalah momen bagi kita semua untuk berbagi dan merasakan kebahagiaan bersama,” ujar Budi.

Idul Adha di Lapas Kediri menunjukkan bahwa semangat berbagi tidak mengenal batas. Para Warga Binaan tetap bisa merasakan dan menyebarkan kebahagiaan. Kegiatan ini mempererat hubungan dengan masyarakat luar dan meningkatkan solidaritas di antara penghuni lapas.

Idul Adha kali ini meninggalkan kesan mendalam. Bagi para Warga Binaan, momen ini adalah pengingat bahwa mereka masih memiliki tempat dan peran dalam masyarakat. Sesuai arahan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono bahwa semangat berbagi kebahagiaan ini akan menjadi bukti bahwa keikhlasan bisa membawa kebahagiaan dari mana saja, bahkan di balik jeruji besi.(*)

Reporter : Achmad Fitriyadi

Artikel Terkait

Tinggalkan Program Operasi Pasar Cara Manual, Pemkot Kediri Bermigrasi Menuju Digitalisasi

Tasfm.com – Inspektorat Kabupaten Kediri,berprinsip akan tetap memonitoring, tentang Pelaksanaan Pengisian Perangkat Desa,sesuai dengan Peraturan Bupati ( PerBup ),yang telah ditetapkan. Hal ini dikarenakan,pengisian perangkat desa merupakan kewenangan Pemerintah Desa ( PemDes ).Pemkab hanya mengeluarkan regulasi dalam bentuk PerBup.diluar itu Pemkab tidak ikut cawe – cawe ( mengatur ),dalam Pelaksanaan Pengisian Perangkat Desa tersebut. Wirawan,SE.Ak.MM.CA.Selaku Plt,Inspektorat Kabupaten Kediri,waktu dihubungi lewat handphone.Selasa,( 26/12), menyatakan,terkait berita yang ditayangkan oleh pihak tasfm.com,tentang dugaan pungli oleh pihak Penyelanggara Desa ( PemDes ),saya baru mengetahui mas,sebab sampai saat ini Inspektorat,belum mendapat laporan berapa Desa dan berapa lowongan Perangkat Desa yang akan diisi. “Prinsip Inspektorat bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa ( DPMPD ) tetap memonitoring,proses pengisian perangkat desa tersebut.” Ungkapnya Selanjutnya Wirawan menegaskan,walaupun Inspektorat Kabupaten tidak terlibat dalam proses pengisian perangkat Desa,dan pemangku sebenarnya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa ( DPMPD ),Inspektorat akan tetap menindak lanjuti nya. “Kalau pun,ada dugaan pelanggaran sebagaimana diatur,di dalam Perbup atau Peraturan Perundang – Undangan,inspektorat akan melakukan pemeriksaan.”tegasnya. Untuk diketahui,jurnalis tasfm.com pada hari kamis,tanggal 21 Desember 2023,menemukan dugaan pungli,atau pelanggaran dalam proses pemilihan perangkat Desa,tepatnya di desa Ploso Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.tatkala diminta sejumlah uang oleh oknum Kepala Desa diwilayah Kecamatan Mojo tersebut.dan dalam proses investigasi jurnalis tasfm.com,menghadap ke kantor DPMPD Kabupaten Kediri, di jalan PB Sudirman No 141 ,untuk meminta konfirmasi tentang berita tersebut,tapi belum bisa ditemui.alasan staf DPMPD,bapak pimpinan masih sibuk, tugas di lapangan.* Reporter : Achmad fitriyadi

Rektor UNP Dr. Zainal Afandi, M.Pd Ajak Masyarakat Kota Kediri Suskseskan Pemilu Damai 2024