TAS FM
News

Menuju Indonesia Emas, Lapas Kediri Gelar Upacara Harkitnas ke-116

Menuju Indonesia Emas, Lapas Kediri Gelar Upacara Harkitnas ke-116
Menuju Indonesia Emas, Lapas Kediri Gelar Upacara Harkitnas ke-116

Tasfm.com – Lapas Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024 bertema “Bangkit Untuk Indonesia Emas” diselenggarakan di lapangan Blok C Lapas Kediri, Senin (20/5/24).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri, Budi Ruswanto. Saat bertindak sebagai Inspektur Upacara, Budi Ruswanto membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi.

Dalam sambutannya, menyampaikan bahwa apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno adalah “Jembatan Emas”. Kemerdekaan dibayangkan Bung Karno sebagai sebuah “Jembatan Emas” yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri.

“Kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Pada titik inilah seluruh potensi seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, potensi transformasi digital, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2024. Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas dengan mengambil keputusan yang tepat dan cermat,” tuturnya.

Mengakhiri sambutannya beliau menyampaikan pesan kepada Petugas Pemasyarakatan. “Kepada seluruh jajaran Lapas Kediri saya berpesan tetaplah semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, berikan darmabaktimu melalui pengabdian yang terbaik. Untuk seluruh WBP ikutilah program-program pembinaan dengan baik karena masih banyak-banyak PR kebaikan yang akan kalian kerjakan setelah keluar dari sini”, tambahnya.

Hal ini senada dengan arahan KaKanwil Kemenkumham Jawa Timur Heni Yuwono bahwa sebagai ASN tidak mengangap kegiatan upacara ini sebagai seremonial belaka. Tetapi wajib memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional yang diawali oleh Dr. Soetomo melalui organisasi Boedi Oetomo.[*]

Reporter : Achmad Fitriyadi

Artikel Terkait

Berikan Kemudahan Adminduk, Dispendukcapil Lakukan Perekaman Jemput Bola ke Kelurahan

Lanjutkan Pembangunan Stadion, Mas Dhito Kerjasama dengan Kementerian PUPR

Peringatan Hari Jadi Ke-1220, Mas Dhito Berharap Kejayaan Kediri Terulang Kembali