TAS FM
News

KPwBI KEDIRI MENGGELAR KARYA KREATIF MATARAMAN 2024

KPwBI KEDIRI MENGGELAR KARYA KREATIF MATARAMAN 2024
KPwBI KEDIRI MENGGELAR KARYA KREATIF MATARAMAN 2024

Tasfm.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri bersinergi dengan Pemerintah Kota Kediri menyelenggarakan Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024 dengan tema “Inovasi dan Digitalisasi untuk Masa Depan Berkelanjutan” yang menjadi bagian dari rangkaian event nasional Karya Kreatif Indonesia (KKI) dan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) serta Rangkaian Hari Jadi Kota Kediri ke-1145. Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Juni 2024 dan berlokasi di dua tempat yaitu Balai Kota Kediri dan Kediri Town Square dengan melibatkan berbagai stakeholders yaitu Pemerintah Daerah 13 Kota/Kab.

Tujuan dari diselenggarakannya Karya Kreatif Mataraman 2024 adalah sebagai upaya pengembangan produk UMKM unggulan wilayah eks-Keresidenan Kediri Madiun (wilayah Mataraman) serta akselerasi digitalisasi untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Terdapat berbagai pameran produk unggulan yang diikuti oleh 88 UMKM yang meliputi wastra unggulan, beragam produk industri kreatif dan produk potensi ekspor, kuliner tradisional serta berbagai hiburan menarik lainnya. Selain menampilkan produk UMKM, KKM 2024 juga menampilkan Djagabhumi Fashion Show yang melibatkan 24 designer lokal unggulan di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Kediri. Djagabumi Fashion Show mengusung konsep sustainable fashion dengan tujuan memperkenalkan wastra mataraman yang menggunakan pewarna alam dan diaplikasikan menjadi busana ready to wear dengan sentuhan modern.

Di sisi akselerasi digitalisasi, KKM 2024 juga menghadirkan berbagai kegiatan Talkshow digitalisasi yang akan diselenggarakan di Kediri Town Square dengan berbagai tema diantara perkembangan sistem pembayaran dan kreatif berinvestasi. Selain itu, terdapat wahana edukasi dan kegiatan lomba yang akan di tampilkan di Atrium Kediri Town Square dan Balai Kota Kediri yang diselengarakan berkolaborasi dengan instansi seperti Dinas Pendidikan Kota Kediri, Kementrian Agama Kota Kediri maupun komunitas-komunitas terkait seperti E-Sport Indonesia Kota Kediri, Komunitas Kopi, Komunitas Standup Indonesia Kediri, dan Forum Kampung Bahasa – Kampung Inggris.

Dalam upaya akselerasi kegiatan pengendalian inflasi, KKM 2024 juga bersinergi dengan TPID Kota Kediri dan Bulog Divre Kediri untuk menyelenggarakan Operasi Pasar Murah di titik nol pada tanggal 29-30 Juni pukul 14:00-16:00 WIB. Selain itu,terdapat kegiatan Cooking Class bahan pangan olahan bersama Chef Ragil sebagai edukasi kepada masyarakat untuk dapat melakukan diversifikasi pangan dan peningkatan pemanfaatan bahan pangan olahan.
Kegiatan lain yang menarik lainnya yang diantaranya Digifun Run, Special Performance Standup Comedy dari komika Wawan Saktiawan dan Yoyon, dan hiburan band. Kantor Perwakilan BI Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk bisa hadir meramaikan kegiatan KKM 2024 dan harapannya dapat memberikan manfaat kepada perekonomian khususnya pengembangan UMKM unggulan serta akselerasi digitalisasi di wilayah mataraman.

Artikel Terkait

Pj Wali Kota Kediri Halal Bihalal Dengan Pegawai Kecamatan Kota dan BPPKAD Kota Kediri

Editor TASFM.com

Capaian Nilai Indeks Reformasi Birokrasi Kota Kediri Meningkat, Pj Wali Kota Kediri : Hasil Upaya Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan

Polres Kediri Amankan 2 Pengedar Sabu-Sab