TAS FM
News

Sasar Gen Z, Dekopinda Kota Kediri Gelar Diklat Perkoperasian

Sasar Gen Z, Dekopinda Kota Kediri Gelar Diklat Perkoperasian
Sasar Gen Z, Dekopinda Kota Kediri Gelar Diklat Perkoperasian

Tasfm.com – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Kediri kembali melaksanakan rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77. Kali ini Dekopinda dan Pemerintah Kota Kediri mengajak Gen Z untuk turut merayakan Harkopnas melalui sebuah kegiatan diklat perkoperasian, Rabu (10/7).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Dekopinda Kota Kediri ini mengundang perwakilan siswa-siswi SMP/SMA/sederajat di Kota Kediri. Bukan tanpa alasan, melainkan untuk mengenalkan lebih dalam jati diri koperasi sebagai wujud kemandirian ekonomi negeri.

Firdaus, Ketua Dekopinda Kota Kediri saat dikonfirmasi mengenai penyelenggaraan kegiatan ini mengungkapkan bahwa diklat bagi generasi muda ini sengaja diadakan supaya Gen Z melek Koperasi.

“Koperasi merupakan badan usaha dimana menganut azas gotong royong bukan perseorangan. Nah, penanaman gotong royong inilah yang perlu ditanamkan pada generasi muda utamanya milenial dan Gen Z, dimana norma-norma tersebut mulai sedikit luntur,”terang dia.

Lebih lanjut, ia menargetkan banyak bibit-bibit baru dari para generasi muda yang sadar berkoperasi. “Koperasi sangat bisa untuk menopang permodalan dan pemasaran dari para anggota koperasi yang berbisnis,”imbuh wanita yang akrab disapa Kak Ido tersebut.

“Terlebih dengan berkoperasi juga menjadi bentuk meneladani sifat dan menghargai jasa pahlawan Indonesia, yakni bapak pendiri Koperasi Moh. Hatta,”kata dia.

Wanita yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPRD ini berharap melalui kegiatan ini generasi muda lebih melek Koperasi dan beharap sebisa mungkin di sekolah didirikan Koperasi Siswa (kopsis) untuk membudayakan koperasi sejak dini.

Sementara itu, Bambang Priambodo, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Dinkop-UMTK) Kota Kediri sangat mendukung upaya yang positif tersebut mengingat kebermanfaatan yang bisa didapatkan dengan berkoperasi.

“Ilmu-ilmu perkoperasian memang harus di tanamkan sejak dini, sebab Koperasi punya banyak manfaat terutama bagi anggotanya. Bagaimana koperasi bisa mensejahterahkan anggotanya dengan cara bergotong royong, dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota,”kata dia.

Artikel Terkait

Mbak Cicha Dorong DWP Kabupaten Kediri Berperan Aktif terhadap Kualitas Pendidikan Generasi Bangsa

Simak Aturan dan larangan Memasuki Masa Tenang Pemilu 2024

Lakukan Pengawasan Terakhir Sebelum Lebaran, Disperdagin Tak Temukan Kecurangan di SBPU Kota Kediri

Editor TASFM.com