TAS FM
News

KKM Resmi Dibuka, Pj Wali Kota Kediri Apresiasi Bank Indonesia Senantiasa Dampingi, Edukasi, dan Kawal Perekonomian Kota Kediri Melalui Pemberdayaan UMKM

KKM Resmi Dibuka, Pj Wali Kota Kediri Apresiasi Bank Indonesia Senantiasa Dampingi, Edukasi, dan Kawal Perekonomian Kota Kediri Melalui Pemberdayaan UMKM
KKM Resmi Dibuka, Pj Wali Kota Kediri Apresiasi Bank Indonesia Senantiasa Dampingi, Edukasi, dan Kawal Perekonomian Kota Kediri Melalui Pemberdayaan UMKM

Tasfm.com – Pj Wali Kota Kediri Zanariah bersama Kepala KPwBI Kota Kediri dan Plh Kepala KPwBI Jawa Timur membuka gelaran Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024, Sabtu (29/6). Tema yang diambil pada gelaran tahun ini yakni Inovasi dan Digitalisasi Untuk Masa Depan Berkelanjutan. Selama tiga hari mulai 28-30 Juni, Karya Kreatif Mataraman diselenggarakan dan bertempat di dua lokasi yakni Balaikota Kediri dan Kediri Town Square.

“Kami berterima kasih dan apresiasi pada Bank Indonesia khususnya KPwBI Kediri yang senantiasa mendampingi, mengedukasi, dan mengawal perekonomian di Kediri. Salah satunya melalui pemberdayaan UMKM. Banyak UMKM Kota Kediri yang dibina oleh Bank Indonesia, diajak dalam business matching, bisa upgrading class hingga tembus ekspor. Sehingga sepertinya pencapaian tertinggi para UMKM adalah bisa digandeng oleh Bank Indonesia,” terang Pj Wali Kota Kediri.

Lebih lanjut, Zanariah berharap apa yang sudah dilakukan Bank Indonesia untuk UMKM Kota Kediri bisa memotivasi UMKM lainnya untuk semangat mengembangkan usahanya, menambah value dengan digitalisasi, agar pasarnya berekspansi lebih luas. Bonusnya bisa berkesempatan kolaborasi dengan Bank Indonesia.

Sementara itu, Kepala KPwBI Kediri Choirur Rofiq menuturkan bahwa Bank Indonesia terus memperkuat program pengembangan UMKM melalui digitalisasi serta perluasan akses pasar domestik dan ekspor. Bank Indonesia juga bersinergi dengan 13 kabupaten/kota dalam mendorong digitalisasi, termasuk akseptasi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD) untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara itu Plh Kepala KPwBI Provinsi Jawa Timur Bandoe Widiarto, menambahkan bahwa Karya Kreatif Mataraman ini merupakan road to Karya Kreatif Indonesia dan Festival Ekonomi Keuangan Digital. Ini merupakan versi program nasional yang diturunkan ke daerah dengan berbagai kegiatan. Tujuannya bagaimana Bank Indonesia bersama pemerintah daerah dan stakeholder lainnya bisa mendorong pemberdayaan UMKM. “Harapannya kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan muncul komitmen dari semua pemangku kepentingan terhadap kegiatan yang sangat strategis bagi kemajuan bangsa,” imbuhnya.

Setelah opening ceremony, Pj Wali Kota Kediri beserta semua tamu undangan berkeliling mengunjungi stand-stand para pelaku UMKM baik kerajinan, kuliner, dan lainnya. Selain pameran UMKM, pada Karya Kreatif Mataraman juga menyuguhkan banyak kegiatan menarik seperti fashion show, cooking class, business matching, digital exhibition, bazar pangan murah, digi fun run, talk show digital lifestyle, voice competition, e-sport competition, digital speech contest, lomba cerdas rupiah, lomba jingle CBP rupiah, lomba story telling, modern dance competition, stand up comedy, latte art competition, dan QRIS bounty hunter.

Artikel Terkait

Polisi Kota Kediri Giatkan Sosialisasi Cegah Perundungan di Sekolah

Ops Pekat Semeru 2024, 3 Penjual dan Puluhan Miras Siap Edar Diamankan Polsek Wates

Pastikan Tabung Gas Melon Terisi Sesuai Standard, Pemkot Kediri Rutin Lakukan Monitoring Pangkalan