TAS FM
News

1.219 Lembar Surat Suara di Kota Kediri Rusak, Terbanyak DPRD Jatim

1.219 Lembar Surat Suara di Kota Kediri Rusak, Terbanyak DPRD Jatim
1.219 Lembar Surat Suara di Kota Kediri Rusak

Tasfm.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri menemukan sebanyak 1.219 lembar surat suara Pemilu 2024 dalam keadaan rusak. Dari jumlah itu, paling banyak rusak untuk DPRD Jatim.

Mochamad Wahyudi, Komisioner KPU Kota Kediri mengatakan, sebanyak 1.219 lembar surat suara rusak ditemukan oleh KPU saat melakukan sortir dan pelipatan. Proses itu berlangsung di Gudang KPU.

“Pada hari kelima proses sortir dan lipat suara dilakukan, KPU Kota Kediri mendapati 1.219 surat suara dalam keadaan rusak,” ujar Mochamad Wahyudi, Komisioner KPU Kota Kediri.

Dia merinci, surat suara rusak dalam kondisi rusak terbagi atas jenis surat suara DPD RI dan DPRD Provinsi.

Di mana untuk surat suara rusak DPD RI terdapat 159 surat suara, sedangkan untuk surat suara DPRD Provinsi Jatim sebanysk 1.060 surat suara.

Jika di total surat suara untuk DPD RI dan DPRD Provinsi Jatim yang mengalami kerusakan berjumlah 1.219 surat suara.

Mochamad Wahyudi mengatakan, untuk surat suara yang mengalami kerusakan rata-rata terdapat tinta yang berada di dalam kolom calon, dan juga surat suara yang pencetakannya tidak sempurna atau buram.

Masih kata dia, untuk surat suara yang rusak akan dilaporkan ke KPU RI. Setelah itu surat suara yang rusak akan dimusnahkan dengan menunggu persetujuan dari KPU RI, dan baru diganti dengan yang baru.

Sesuai dengan target, sortir dan pelipatan surat suara ini akan berlangsung selama 31 hari. Di mana sortir dan lipat dimulai pada 4 Januari lalu dan akan berakhir hingga 3 Februari 2024 mendatang.*

Reporter : Achmad Fitriyadi

Artikel Terkait

Santri Banyuwangi Tewas Dianiaya, Polisi Periksa Pihak Pondok Kediri

Ceroboh Bakar Sampah,Akibatkan Kebakaran Di Toko Mulia

Pj Wali Kota Kediri Paparkan Temuan Permasalahan Pembangunan, Rancangan Awal (Ranwal) Isu Strategis dan Tema Pembangunan Kota Kediri 2025